Pramuka SMP Negeri 1 Songgon Sabet Runner Up Nasional Lomba Pramuka Tingkat V

SONGGON – SMP Negeri 1 Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur meraih prestasi gemilang sebagai juara II Nasional, mewakili Jawa Timur dalam ajang Lomba Tingkat Lima (LT-V) Pramuka Penggalang yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Regu Pramuka “Matahari” dari SMP Negeri 1 Songgon – Banyuwangi ini berhasil mengharumkan nama sekolah, Kabupaten, serta Provinsi.

Dalam rangka lomba LT-V ini Grup Penggalang Putri dari SMP Negeri 1 Songgon yang sekaligus mewakili Provinsi Jawa Timur ini berhasil menorehkan prestasi  serta membawa nama baik Provinsi Jawa Timur serta Kabupaten Banyuwangi di kelas Nasional, bawasannya SMP Negeri 1 Songgon menjadi Juara 2 Nasional dalam ajang Lomba Tingkat Lima pada tahun 2017.

Kegiatan yang diselenggarakan lima tahun sekali ini diikuti oleh para penggalang Pramuka dari 34 Provinsi se-Indonesia.  LT-V pada tahun 2017 kali ini diadakan sejak tanggal 22 hingga 28 Oktober 2017.

Dalam Lomba Tingkat Lima ini merupakan kegiatan yang dinanti nanti oleh para penggalang Pramuka yang notabennya yaitu siswa siswi yang masih duduk di bangku SMP/MTS. Selain itu LT-V ini adalah tim regu yang berhasil menjuarai dalam berbagai lomba tingkat sebelumnya, antara lain; LT-I (Tingkat Gugus Depan), LT-II (Tingkat Kecamatan), LT-III (Tingkat Kota/Kabupaten), dan LT-IV (Tingkat Provinsi).

Dalam LT-V ini seleksi peserta sangat diperhatikan bawasannya LT-V ini pertemuan regu penggalang terbaik se-Indonesia.

Sementara Tim Regu Penggalang SMP Negeri 1 Songgon – Banyuwangi yang mewakili Jawa Timur ini mengirimkan sebanyak delapan siswinya dari kelas –IX, diantaranya; Sri Ayu Dini Lestari, Avida Noer Laili, Ninggar Agustina Cindya putri, Salsa Bila Fatma Arifa, Deswita Erfiana Baso, Dwi Anggita Sari, Audy Putri Lestari, dan Dewi sri wahyuni, serta pembina pendamping diantaranya; Sahroni, Irwanto, Feri Yudianto, Miko, serta Vina.

 

“Dalam LT-V ini penggalang se-Indonesia ini terdiri dari berbagai macam lomba lomba menarik, seperti beradu kreasi seni, mental, pikiran, setidaknya sebanyak 40 macam lomba akan dilombakan pada LT-V ini,” ungkap pembina, Sahroni.

Selanjutnya, keberhasilan Juara II Nasional yang diraih regu dari SMP Negeri 1 Songgon ini disambut baik oleh Kwarda Pramuka Jawa Timur serta Kwarcab Pramuka Banyuwangi.

Kedatangan tim regu penggalang Pramuka “Matahari”di Banyuwangi disambut baik oleh Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko, S.Sos. Iring-iringan kedatangan tim regu tersebut sangat membanggakan bagi Banyuwangi, Wakil Bupati Banyuwangi dengan didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, dan Kabid Pendidikan SMP, Dispendik Banyuwangi, Kwaran Kecamatan Songgon, Kwarcab Banyuwangi, Muspika Kecamatan Songgon, Serta Wali murid.

Yang membuat tim regu lebih semangat pula dalam perlombaan Robotika tim regu putri ini berhasil menyabet gelar juara pertama dalam materi Robotika se-Indonesia, mengalahkan 33 provinsi lainnya.

Dilansir petisi.co, Ketua regu tim mengungkapkan, apa yang dicapainya selama ini dengan semangat berlatih, akhirnya membuahkan hasil juga. Dengan juara II di tingkat nasional ini kami sudah cukup bangga dengan apa yang sudah kami raih, selama mengikuti LT-V ini satu tim regu selalu optimis apa yang dilakukannya saat lomba,” ungkap Sri Ayu Dini Lestari.

 

Dengan Juara II ditingkat Nasional, dirinya juga dapat membawa ilmu serta pengalaman. Kepada adik adiknya ia berharap agar gerakan Tri Satya dan 10 karakter Dasa Darma Pramuka bisa di laksanakan setiap harinya.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Songgon, Drs. H. Samsudin Ali M.Pd.I dengan prestasi yang diraih oleh anak didiknya, berharap dengan apa yang telah membawa harum nama sekolahnya ini agar kedepannya cepat ada regenerasi untuk adik adik dibawahnya. Sehingga kelak bisa mengikuti jejak kakak kakaknya agar bisa lebih unggul.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Banyuwangi sangat mengapresiasi atas keberhasilan tim regu dari SMP Negeri 1 Songgon yang mewakili dari Provinsi Jawa Timur ini bisa menjadi juara II di tingkat Nasional, serta dapat membawa pengaruh besar dari semua siswa pelajar di Banyuwangi.

Selain itu pula, Wakil Bupati Banyuwangi juga memberikan uang pembinaan kepada tim regu yang mengikuti LT-V tersebut.  Yusuf juga berharap agar semua sekolah di Banyuwangi menjadikan sebagai “One School One Product”  yang artinya, masing masing sekolah harus memiliki produk unggulan dari program pendidikan.

 

Tinggalkan komentar