Pramuka SMPN 1 Songgon Menuju Cibubur – “MATAHARI DALAM TRADISI JUARA”

Regu Pramuka Penggalang Putri Matahari dari Kwartir Ranting Songgon Gugus Depan SMPN 1 Songgon berhasil membawa nama baik Kabupaten Banyuwangi di tingkat Provinsi Jawa Timur. Mereka berhasil mencetak sejarah, dengan menjadi regu putri terbaik pada Lomba Tingkat IV Regu Pramuka Penggalang (LT IV) Jawa Timur 2017, yang digelar pada pada tanggal 8 s.d. 13 Juli 2017 di Bumi Perkemahan Sumberboto, Jombang. Atas prestasi tersebut Regu Matahari berhak mewakili Kwarda Jawa Timur pada ajang Tingkat V Nasional yang akan diselenggarakan di Cibubur, Jakarta pada bulan Oktober 2017.

LT IV merupakan program rutin empat tahunan, yang tahun ini diikuti oleh 34 regu putra terbaik dan 35 regu putri terbaik dari 35 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka kabupaten/ kota se Jawa Timur. Seluruh regu peserta LT IV Jatim adalah regu juara Lomba Tingkat III Regu Pramuka Penggalang di tingkat kota/kabupaten masing-masing. Setiap regu terdiri dari 8 orang Pramuka Penggalang. Pada LT IV ini Kwartir Cabang Banyuwangi mengirimkan kontingen dengan jumlah personil 25 orang. Tim terdiri dari 8 orang penggalang putri, 8 orang penggalang putra, 2 orang Pembina pendamping, 1 orang pimpinan kontingen serta 6 orang tim pelatih dan pendukung.

Keberhasilan Regu Matahari ini merupakan buah dari kerja keras mereka. Persiapan mengikuti LT IV sudah dimulai sejak Matahari ditetapkan menjadi regu terbaik pada ajang LT III Kwartir Cabang Banyuwangi pada bulat Maret 2017 yang juga digelar di Songgon, yakni di bumi perkemahan hutan pinus Desa Sumberbulu. Hampir setiap hari mereka melaksanakan latihan di Gugus Depan. Ditambah dengan melaksanakan Training Center (TC) sebanyak 4 kali dengan sistem lahihan gabungan, bersama regu Rajawali dari Gugus Depan SMPN 3 Songgon, yang dikemas dengan kegiatan persami.

Semangat dan usaha yang luar biasa dari Matahari akhirnya membuahkan hasil yang manis. Selanjutnya Matahari memiliki tugas yang cukup berat yakni membawa nama baik Jawa Timur di Tingkat Nasional dan nama baik Banyuwangi pula tentunya. Dengan filosofi bunga matahari yang akan terus mekar, serta filosofi matahari yang akan terus bersinar memancarkan cahayanya. Maka Regu Matahari bertekat untuk menjadi yang terbaik di LT V Nasional. Semboyan mereka adalah dari “Sunrise of Java menuju Sunrise of Nusantara”.

Pinkoncab/ Pembina LT IV Pramuka Penggalang

Keberhasilan Regu Matahari ini merupakan kali kedua Kwaran Songgon menjadi wakil Jawa Timur pada ajang LT V Kwartir Nasional. Sebelumnya pada tahun 1998 Songgon berhasil mengantarkan regu putra Kalajengking sebagai regu terbaik LT IV Jawa Timur yang digelar di Bumi Perkemahan Cobanrondo, Batu. Selanjutnya Kalajengking mampu meraih peringkat harapan I pada LT V di Cibubur. Sedangkan pada dua periode sebelumnya yang pada LT IV 2006 Pamekasan, dan LT IV 2010 Pasuruan Kwartir Cabang Banyuwangi hanya mampu meraih posisi ke empat, keduanya juga diwakili oleh regu penggalang terbaik dari Gugus Depan SMPN 1 Songgon. Setelah melalui perjalanan panjang akhirnya Regu Matahari 2017 berhasil meneruskan tradisi Songgon untuk tetap menjadi sang juara. Team LT IV sebagai berikut :

PinkonCab/Pembina: Irwanto, pembina Bindamping: Alvina Balqis Arsyad, Pembina: Sahroni, Meiko Ef Farisanto, Verry Yudianto sedangkan Regu Pramuka Penggalang Matahari terdiri dari : Sriayu Dini Lestari, Afida Noer Laili, Ninggar Agustina Cindya P, Salsabila Fatma Aripa, Deswita Erfiana Baso, Dwi Anggita Sari, Audy Putri Lestari, Dewi Sri Wahyuni.

Mendapatkan Apresiasi dari Kepala Sekolah
Bersama Para Guru dan Pembina

Tinggalkan komentar